WADUK GEMBONG, PATI

 
Waduk Gembong




Berbicara kota Pati, Jawa Tengah, terdapat suatu tempat wisata yang cukup menarik karena keindahan alamnya, sebut saja waduk Gembong. Gembong merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Satu-satunya kecamatan yang memiliki dua waduk sekaligus. Lokasinya terletak di lereng sebelah timur gunung Muria dan berbatasan langsung dengan kabupaten Kudus. Dari ibu kota kabupaten Pati, berjarak 14 km kea rah barat laut.
Tempat-tempat pariwisata di kecamatan Gembong antara lain waduk Seloromo dan Waduk Gunung Rowo.

Waduk Seloromo
Waduk ini dibuat oleh Beanda pada tahun 1928-1932, dan diresmikan pembangunannya pada tahun 1933. Sekarang menjadi sumber pendapatan bagi desa Gembong. Di sekitar waduk sering digunakan sebagai tempat berkemah. Waduk ini terdapat di desa Gembong.

Waduk Gunung Rowo
Waduk Gunung Rowo terletak di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong. Luas areal +320 Ha. Menurut catatan Kantor Dinas Permukiman dan Prasarana Daerah setempat, waduk ini dibangun semasa pemerintahan Belanda pada tahu 1928 Waduk Gunung Rowo diperkirakan mampu menampung air sekitar 5,5 juta meter kubik, sekaligus juga sebagai suplai bagi Waduk Seloromo. Dulu Waduk Gunung Rowo bersama Waduk Seloromo mampu mengairi sawah seluas sekitar 10.000 hektare, yang tersebar di wilayah Kecamatan Margorejo Gembong, Wedarijaksa, Juwana, Telagawungu, dan Pati. (http://id.wikipedia.org/wiki/Gembong,_Pati)

Waduk Seloromo sering disebut dengan Waduk Gembong. Untuk menuju ke lokasi tersebut, tidak perlu merogoh saku, karena tidak ada biaya sama sekali, namun  pemandangannya sungguh indah, dengan suasana yang tenang dan damai. Wisata ini cocok bagi anda yang suka dengan ketenangan dan keindahan. Selamat berlibur,,,

Waduk Gembong



Waduk Gembong


Waduk Gembong
Waduk Gembong

(31-12-2014)

0 Response to "WADUK GEMBONG, PATI"

Posting Komentar