PENTINGKAH PLH?


Dewasa ini, lingkungan hidup disekitar kita sering dilupakan oleh manusia. Terbukti dengan adanya hutan gundul, pencemaran udara, air, dan tanah dan lain sebagainya. Semakin lama dunia ini memang akan mengalami kerusakan, baik karena factor alam itu sendiri, atau karena ulah manusia tak bermoral.
Hal yang demikian menjadi sebuah keprihatinan bagi alam kita. Alam yang seharusnya diciptakan untuk dirawat, justru malah di rusak. Pemakaian yang tidak pada tempatnya menjadi hal utama yang perlu dipikirkan untuk meminimalisir kerusakan bagi bumi kita. Apalagi Indonesia yang kaya akan sumber daya alam yang seharusnya menjadi cerminan bagi Negara lain, akan tetapi justru sebaliknya, bangsa Indonesia belum mampu mengoptimalkan segala yang telah dimilikinya.
Pendidikan lingkungan hidup menjadi jalan untuk sedikit mengatasi masalah tersebut. Karena pendidikan tersebut ditujukan bagi pelajar atau mahasiswa yang berstatus sebagai generasi penerus. Pendidikan Lingkungan hidup pada dasarnya adalah sebuah usaha untuk mengarahkan kembali tujuan pendidikan sehingga kompetensi dan pemahaman tentang pendidikan lingkungan dimunculkan kembali sebagai salah satu tujuan dasarnya di samping kompetensi personal dan kompetensi sosial.  Materi pendidikan lingkungan seyogyanya tidak hanya sebagai satu pokok bahasan dalam pendidikan (cara parsial), melainkan penghijauan kurikulum itu akan lebih tepat dengan cara substansial yang mengedepankan pengembangan seluruh filosofi kurikulum sehingga dimensi lingkungan tercakup menjadi satu kesatuan.  Cara demikian tentu lebih besar manfaatnya karena lingkungan membutuhkan perhatian dan pengertian  yang sama besar dengan perhatian yang kita berikan untuk kesejahteraan personal social (Smyth, 1995).
PLh seharusnya tak Cuma sekedar teori, akan tetapi berbentuk sebuah realita, walaupun itu dimulai dari hal yang sangat sederhana, misal saja di kampus menerapkan sistem konservasi. Contoh yang bisa kita terapkan yakni dengan mengurangi pemakaian motor di lingkungan kampus, selain mengurangi pencemaran udara, juga mengurangi polusi suara, ataupun masih terdapat contoh-contoh lainnya.

1 Response to "PENTINGKAH PLH?"

  1. meza Says:
    3 Oktober 2010 pukul 20.07

    bagus.naaaaa
    hebatttt

Posting Komentar