POTENSI LEMON SEBAGAI PENGHASIL ARUS LISTRIK

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang mudah untuk didapat. Pada masyarakat umum, mereka biasanya belum mengerti fungsi dari buah lemon yang sesungguhnya. Yang mereka ketahui hanyalah lemon dapat dimakan dan sekedar untuk mencuci piring, padahal selain itu lemon memiliki manfaat yang lebih.

Buah lemon berasal dari Hindia. Pohon lemon tersebut pertama kali ditanam di Amerika pada saat terjadi peristiwa pencairan Emas besar-besaran di California, tahun1849 yaitu untuk menyembuhkan penyakit sariawan yang diderita para penambang emas. Sari lemon dapat digunakan untuk menghilangkan noda karat, tinta, dan jamur. Minyak yang berasal dari kulit jeruk juga dapat digunakan untuk penyedap rasa, minyak wangi, bahan kecantikan, dan pengkilap perabot rumah tangga. Sari lemon adalah sumber utama asam sitrat yang biasa digunakan pada pencetakan tekstil untuk menghilangkan noda karat yang berasal dari mesin.

Selain itu, ada satu hal penting yang belum diketahui masyarakat pada umumnya, yakni lemon dapat menghasilkan arus listrik. Yang kita perlukan hanyalah buah lemon, voltmeter, 2 helai kabel tembaga, paku dan uang logam yang bertindak sebagai kutub positif dan negatif. kemudian paku dan logam tersebut ditancapkan ke buah lemon, kemudian kita ukur memakai voltmeter. Seperti gambar di bawah ini.


Lemon yang di rangkai seri, Sesuai hukum ohm, rangkaian seri sumber tenaga akan meningkatkan voltase 2 kali lipat, maka kita menambah jumlah lemon agar memiliki voltase lebih besar. Jika 1 lemon menghasilkan ¬+ 0,9 volt, jika 2 sekitar 1,8 volt, dan jika 4 sekitar 3,6 vot, maka 4 buah lemon sudah cukup kita gunakan untuk menyalakan lampu LED. Sebenarnya buah lain pun bisa kita gunakan, akan tetapi karena lemon memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, maka lemon lebih berpotensi untuk kita gunakan.




10 Response to "POTENSI LEMON SEBAGAI PENGHASIL ARUS LISTRIK"

  1. mailiz Says:
    3 Oktober 2010 pukul 20.10

    subhanallah...
    keren cui...

  2. Anonim Says:
    22 Oktober 2011 pukul 05.28

    thanks gan.. ane udah bisa selesain tugas praktek FIsika ane.. thanks banget yaah.. :D

  3. Anonim Says:
    27 April 2012 pukul 16.57

    thanks ya...

  4. zmamila says:
    7 Oktober 2012 pukul 23.01

    OK,,,sma2...mksh dah mampir blog q

  5. Unknown says:
    19 Mei 2013 pukul 05.20

    saya ada masuk pertandingan magic science and saya buat experiment ni tapi saya nak tahu kenapa kita perlu mengunakan buah lemon kenapa tak guna buah lain???

  6. zmamila says:
    3 Juni 2013 pukul 22.28

    saya mengambil lemon ini, karena lemon mudah didapat, dan harganya cukup ekonomis. lemon sendiri bersifat lebih asam dibandingkan dengan buah2 yang lain, benda2 yang bersifat asam dapat menjadi elektrolit. namun misalnya ingin menggunakan buah2 yang lain dicoba saja, dan dibandingkan mana yang menghasilkan arus listrik paling besar, serta dari segi ekonomisnya dan mudah didapatnya,

  7. Unknown says:
    3 Oktober 2013 pukul 18.41

    cara menyusun rangkaiannya gimana??mohon petunjuknya...

  8. arsanti says:
    12 Agustus 2014 pukul 06.38

    Frementasinya gimana yaaaa ? Mohon jawab yaa

  9. Anonim Says:
    2 September 2014 pukul 14.56

    Ty BOss.. :D

  10. Andre X jb says:
    23 Juni 2015 pukul 03.18

    Sebenarnya buah lain pun bisa kita gunakan, akan tetapi karena lemon memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, maka lemon lebih berpotensi untuk kita gunakan.

Posting Komentar