PERCOBAAN SAINS SEDERHANA

Ilmu Sains merupakan cabang ilmu pengetahuan. Kadang, jika kita mendengar kata sains, pasti identik dengan percobaan dan penelitian yang rumit. Bahan-bahannya pun untuk membuat penelitian tersebut kadang sulit dicari, karena yang kita bayangkan itu terlalu jauh dengan pikiran yang bisa kita jangkau dan terlalu jauh dengan ilmu yang kita punya. Kita hanya bisa membayangkan penelitian penelitian yang dilakukan oleh seorang professor, dan kita hanya bisa menikmatinya.

Padahal, kita sebagai manusia awam, yang ilmunya belum seberapa tentu bisa melakukan percobaan-percobaan tentunya percobaan yang sederhana yang berhubungan dengan sains. Berikut merupakan salah satu contoh yang saya ambil dari buku karangan Muriel Mandell
Memasukkan Telur ke dalam botol
Jika dipikir secara mentah, telur yang ukurannya lebih besar daripada lubang botol tentu saja tidak akan bisa masuk ke dalam botol, akan tetapi dalam percobaan ini, membuktikan bahwa telur akan dapat masuk ke dalam botol tersebut.
Mari kita melakukan percobaan tersebut. Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebutir telur utuh yang telah dimasak dan dikupas, botol berleher kecil seperti botol kecap, botol susu bayi atau kendi, dan air panas.
Caranya adalah dengan menuangkan air panas tersebut ke dalam botol, kemudian mengocoknya hingga seluruh bagian terkena air panas kemudian membuang air tersebut, kemudian menaruh telur diatas lubang botol, Kemudian apakah yang terjadi? Meskipun telur lebih besar daripada leher botol, telur akan masuk ke dalamnya.
Mengapa ?
Air panas akan meninggalkan uap panas dalam botol yang akan mendesak sebagian udara ke luar. Ketika uap dalam botol mendingin, uap panas akan berubah menjadi tetesan air dan membutuhkan ruang lebih kecil. Hal ini akan mengurangi tekanan udara dalam botol dan karena itu tekanan udara diluar akan mendorong telur itu masuk ke dalam botol.
Untuk mengeluarkan telur, maka balikkan botol, meletakkan mulut pada mulut botol dan meniup selama 30 detik. Tekanan di dalam botol akan lebih besar daripada di luar dan dengan begitu, telur akan terdorong keluar.
Mudah kan……selamat mencoba….

5 Response to "PERCOBAAN SAINS SEDERHANA"

  1. riki Says:
    3 Oktober 2010 pukul 20.25

    bgus,bgus,bgus......

  2. Dinar MKD says:
    20 Mei 2013 pukul 05.28

    aww,, menambah wawasan + mempermudah mengerjakan tugas, nih!!!

  3. zmamila says:
    3 Juni 2013 pukul 22.30

    trima kasih,,,selamat bereksperimen.....

  4. Unknown says:
    8 Februari 2014 pukul 09.43

    TERIMA KASIH....sangat mmbantu

  5. zmamila says:
    15 Januari 2015 pukul 16.08

    Sm2...
    Smg brmnfaat... :)

Posting Komentar