TAHUKAH KAMU?????

TAHUKAH KAMU ????

Air Panas ternyata memiliki berbagai manfaat. Air panas dapat digunakan sebagai sarana untuk pengobatan, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat. Dalam suatu artikel yang saya temukan, ada seseorang yang baru menderita flu/pilek, sedang rumahnya jauh dari apotek, yang ada hanyalah air panas(shower), kemudian seseorang tersebut membiarkan dirinya berendam di air panas dengan interval waktu 10-15 menit setiap hari, kamudian dalam waktu 2 hari kondisinya menjadi membaik. Namun jangan lupa minum air yang agak banyak, karena berendam membut tubuh kita menjadi dehidrasi. Ada cerita lain, menurut penyelidikan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan beberapa temuan penting mengenai manfaat mandi di air panas, para penderita diabetes yang menghabiskan waktu selama setengah jam berendam di dalam air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sebesar 13 %, penelitian di Jepang menunjukkan 10 menit brendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk lelaki. Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Mandi dengan air bersuhu antara 32-35 celcius dapat membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh. Air panas juga dapat menyembuhkan sakit otot/pegal. Mandi air panaspun selama 10-20 menit juga dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik. Terapi mandi air panas juga dapat membantu mengatasi penyakit kulit. Caranya yakni dengan menambahkan Sodium bicarbonate ke dalam air mandi. Sodium Bicarbonate akan bertindak sebagai bahan antiseptic. Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan penyakit dari selesma, sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah.



Air panas acapkali terdapat di sekita gunungapi, oleh karena panas gunungapi merambat ke dalam air tanah. Dalam perjalanannya ke permukaan, air yang panas tersebut melarutkan berbagai mineral yang berguna untuk kesehatan. Misalnya di Jepang, pada zaman dahulu kala pasien yang akan mengalami operasi ambient direndam dalam air panas. Seperti yang telah disebutkan diatas, Air panas merupakan tempat pengobatan berbagai penyakit mulai dari koreng sampai kolesterol. Wisatawan banyak pula yang berendam berlama lama, bukan saja menikmati hangatnya air, namun juga berharap dapat melarutkan lemak-lemak dalam tubuhnya. Tapi hati-hati, bisa terjadi orang berendam tak keluar lagi dari air karena menghirup gas yang dilepaskan air panas itu. Itu bisa terjadi kalau air panasnya tidak dianalisis terlebih dahulu akan kandungan gasnya, dan pula bila tempat berendamnya tertutup, tak memungkinkan peredaran udara.

Di Indonesia air panas terdapat di sepanjang bukit Barisan di Sumatra, Gunungapi di P. Jawa, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi Utara. Air panas terdapat pula di Sulawesi bagian Selatan, Irian Jaya dan Kalimantan. Tetapi disini tidak berkaitan dengan gunungapi, melainkan dengan magma tua atau patahan-patahan. Karena itu panasnya relative rendah. Sampai sekarang sudah diketahui sebanyak 100 lokasi mata air panas di seluruh Indonesia.

Bilamana air panas suhunya tinggi yaitu mencapai 1850C sampai 2000C lebih, maka terbentuklah uap. Uap dapat dimanfaatkan selain untuk tenaga listrik juga untuk pariwisata. Di Selandia Baru bungalow atau wisma peristirahatan acapkali mengebor uap dan mengalirkannya melalui pipa ke kamar mandi untuk memanaskan air. Di halaman depan hotel acapkali sumur hanya untuk menarik perhatian para tamu.


0 Response to "TAHUKAH KAMU?????"

Posting Komentar