MENGAPA HARUS BERSEPEDA


Mengapa harus bersepeda?
http://asia.cnet.com/i/r/2008/crave/gd/63004852/panasonic_electric_bicycle_500.jpgKonservasi merupakan pemeliharaan dan perlindungan terhadap sesuatu yang dilakukan secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan cara pengawetan (Peter Salim dan Yenny Salim, 1991). Prinsip konservasi telah diberlakukan di beberapa universitas. Salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang. Segala peraturan telah ditetapkan agar sesuai dengan prinsip konservasi.
Satu hal yang telah menyolok adalah masalah bersepeda di sekitar kampus. Pengadaan sepeda oleh pihak kampus pun tampaknya telah terealisasi, yakni adanya beberapa mahasiswa yang telah menggunakan sepeda unnes untuk berkeliling UNNES.
Satu hal yang sebagian orang mempertanyakan, mengapa harus sepeda, kenapa tidak motor, mobil atau yang lain, banyak yang mengatakan bahwa sepeda itu kolot, sepeda hanya digunakan sebelum adanya motor, gengsi memakai sepeda atau argument-argumen yang lain yang menyatakan ketidaksetujuan memakai sepeda.
Konservasi berhubungan dengan lingkungan, adanya sepeda motor menjadikan salah satu hal penyebab polusi udara, karena asap yang dikeluarkan mengandung gas CO. Kampus UNNES yang notabene sebagai Universitas konservasi berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkannya, salah satu langkah yang diambil adalah pemakaian sepeda. Karena kita telah mengetahui banyak hal tentang sepeda, selain praktis, murah, juga yang paling penting tidak menimbulkan polusi, baik udara, maupun suara, selain itu, sepeda membawa dampak positif bagi kesehatan manusia dari semua tingkatan usia, diantaranya adalah mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lainnya, sepeda juga salah satu cara untuk memelihara kesehatan yang tidak membutuhkan biaya apapun, hanya modal tenaga.
Jika dibanding dengan motor, sepeda juga mempunyai keuntungan lain, diantaranya memperkuat otot, mengurangi lemak, melatih koordinasi keseimbangan dan meningkatkan kemampuan jantung. Bersepeda juga  membutuhkan oksigen yang lebih banyak dibandingkan mereka yang pasif duduk dalam mobil atau kendaraan umum. Bagi pengayuh sepeda, mereka menghirup dan menghembuskan lebih banyak udara dibandingkan mereka yang pasif dalam satuan waktu yang sama, sehingga partikel yang berbahaya tidak sempat mengendap di paru-paru dan salurannya. Selain itu, bersepeda juga mampu meningkatkan fungsi kerja jantung, paru-paru, menurunkan gula darah dan tekanan darah. Bersepeda juga dapat melatih otot kerja lower body atau otot bagian bawah seperti kaki, betis dan juga paha. Dan berseped rutin mampu membakar lemak, menurunkan berat badan, melatih otot gerak tubuh agar lebih lentur dan fleksibel.
Nah, tau kan,,untuk itu,,,manfaatkanlah sepeda demi lingkungan dan kesehatan kita…..

0 Response to "MENGAPA HARUS BERSEPEDA"

Posting Komentar