SUMUR RESAPAN

Taukah kalian….

Sumur resapan ternyata bisa menghasilkan jumlah air yang lebih banyak daripada sumur biasa selain itu dapat mengurangi limpasan, air hujan yang seharusnya langsung turun ke permukaan tanah yang mengakibatkan terjadinya limpasan permukaan, menjadi berkurang, karena air hujan dialirkan dari genting, kemudian menuju seng yang dialirkan langsung ke dalam sumur resapan.

Sebenarnya sumur resapan dibuat untuk melestarikan sumber daya air tanah, perbaikan kualitas lingkungan serta membudayakan kesadaran lingkungan. Membantu menanggulangi kekurangan air bersih, menjaga kesetimbangan air di dalam tanah.

Sumur resapan merupakan salah satu cara konservasi air tanah, caranya dengan membuat bangunan berupa sumur yang berfungsi untuk memasukkan air hujan ke dalam tanah.
Sumur resapan dibuat karena untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air tanah. Air tanah merupakan sumber air yang sangat penting untuk makhluk hidup. Namun, jika kita melihat situasi dan kondisi saat sekarang, air tanah yang benar-benar berkualitas sangat sulit didapat. Salah satu cara untuk mengembalikan air tanah saat ini sehubungan dengan semakin menurunnya daya dukung lahan berupa kapasitas infiltrasi di bagian hulu adalah melakukan pengisian air tanah secara tiruan (artificial water recharge) melalui pembuatan sumur resapan (infiltration well). Pembuatan sumur tidak saja dilakukan di wilayah hulu tetapi dapat dilakukan pula di wilayah hilir. Proses pembuatannya pun agak mudah, cukup dengan bahan yang sederhana, yakni seng/plastic, beton /bata, paralon. Seng/plastic digunakan untuk menampung air hujan yang berasal dari genting, kemudian air tersebut dialirkan dengan paralon untuk menuju ke dalam sumur resapan tersebut. Paralon terrsebut digunakan untuk mengalirkan air hujan dari talang ke sumur resapan. Beton (bis beton) atau dari batu bara digunakan sebagai dinding resapan.

Sedangkan tahap pembuatan sumur resapan secara singkat adalah sebagai berikut
1. Melakukan analisis curah hujan
2. Menghitung luas tangkapan hujan
3. Menganalisis lapisan tanah/batuan
4. Pemasangan sumur.
Sehingga, jika dilihat, prosesnya pun tak begitu sulit namun hasilnya menguntungkan, apa salahnya jika kita mencoba…..

0 Response to "SUMUR RESAPAN"

Posting Komentar