CANDI RATU BOKO, YOGYAKARTA



Ratu Boko


Candi Ratu Boko merupakan salah satu candi yang berada di kota Yogyakarta dan merupakan salah satu peninggalan sejarah. Candi ini terletak 3 km sebelah selatan Candi Prambanan, 18 km sebelah Timur kota Yogyakarta, tepatnya di  Dusun Samberwatu, Desa Sambirejo  dan  Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas keseluruhan komplek Candi Boko sekitar 25 Hektar. Istana Ratu Boko ini pada zaman dahulu merupakan bangunan yang megah yang dibangun semasa pemerintahan Rakai Panangkaran yang merupakan salah satu keturunan Wangsa Syailendra.

Candi Ratu Boko
Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko ini berdiri pada ketinggian 196 m dpl yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu :
  • Bagian Tengah : merupakan bangunan gapura utama, candi pembakaran, lapangan, kolam, batu berumpak dan paseban.
  • Bagian Tenggara : meliputi pendopo, balai-balai, 3 candi, kolam dan komplek keputren.
  • Bagian Timur : komplek gua, stupa Budha dan kolam.
  • Bagian Barat :terdiri dari perbukitan

Deskripsi Bagian Candi
  •        Gerbang Utama Candi Ratu Boko
Gerbang ini berada di sebelah barat candi, terdiri dari 2 gerbang, yaitu gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang luar berukuran kecil sedangkan gerbang dalam merupakan gerbang utama candi ratu boko.

Gapura luar terdiri dari 3 gapura paduraksa yang berjajar. Sedangkan gapura dalam terdiri dari 5 gapura paduraksa. Pada gapura utama terdapat tulisan Panabwara yang mengacu pada nama Rakai Panabwara yaitu keturunan dariRakai Panangkaran yang juga mnguasai istana Ratu Boko ini.


Gerbang Utama Candi Ratu Boko


  • Candi Batu Kapur atau Batu Putih
Candi ini berada di sebelah timur laut berupa sebuah pondasi yang terbuat dari batu kapur. Bagian atasnya yang sudah tidak bersisa diperkirakan terbuat dari bahan kayu yang mudah sekali rusak dan hancur.
Puing-puing bangunan


  • Candi Pembakaran
Reruntuhan bangunan ini berupa bangunan berundk dengan tinggi 3 meter dengan 2 teras. Pada teras atas berupa teras persegi dengan sebuah lubang kotak berukuran 4x4 meter dibagian tengahnya yang diduga dulu dipakai untuk pembakaran mayat. Dan disebelah tenggara ada sumur untuk air suci.


Lubang kotak pada candi pembakaran

  • Paseban
Paseban berupa bangunan yang berada di selatan gapura sekitar 45 meter. Reruntuhan bangunan ini berupa teras dengan ukuran tinggi 1,5 meter, lebarnya 7 meter dan panjangnya 38 meter. Di atas teras tersisa sekitar 20 umpak atau tumpukan batu yang diduga adalah pondasi untuk tiang dan atap bangunan. Paseban berarti tempat untuk menghadap raja.

  • Pendapa
Pendapa merupakan reruntuhan bangunan di bagian selatan Gapura Candi Boko. Bangunan ini berbentuk dinding setinggi 3 meter dari batuan andesit dengan luas sekitar 40 meter x 30 meter. Pendapa berarti ruang tamu, jadi diperkirakan bangunan ini adalah teras yang digunakan bagi tamu yang datang.
Pendapa
  • Kapuntren
Kapuntren berupa bangunan persegi yang berdinding batu setinggi 2 meter dengan luas 8 meter x 31 meter. Bagian dalam bangunan terdapat 2 buah kolam persegi dan 1 buah kolam lebih besar yang berbentuk bujur sangkar. Di sebelah bangunan ini juga terdapat 8 buah kolam lain berbentuk bundar yang masing masing berjajar 3 buah. Kapuntren dipercaya sebagai tempat pemandian raja dan juga para wanita

Kapuntren
Kapuntren

  • Goa
Merupakan 2 buah bangunan berupa lubang dari batu berbentuk persegi. Yang pertama adalah gua lanang (Gua Laki-laki) berbentuk ceruk persegi dengan ukuran lebar 3,7 meter, tinggi 1,3 meter, dan memiliki kedalaman 2,9 meter. Gua lanang berada di bagian timur laut dari Paseban.
Sedangkan Gua Wadon juga berbentuk cerug persegi dengan ukuran lebar 3 meter, tinggi 1,3 meter dan kedalaman 1,7 meter. Gua wadon lebih kecil dan berada di sebelah tenggara paseban.

Goa Lanang

Gua Wadon

Akses
Untuk mencapai tempat ini para wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum dengan rute :
  • Dari Bandara naik bus transjogja turun ke terminal Prambanan. Dari terminal Giwangan naik bus jalur jogja-solo dan turun di terminal Prambanan. Dari terminal Jombor naik jurusan Jogja-Prambanan turun ke terminal Prambanan. Dari stasiun tugu naik Prameks turun bandara lalu naik transjogja turun ke terminal Prambanan.  Selanjutnya dari terminal / pasar Prambanan menuju kearah selatan dengan menyewa jasa ojek, delman atau jalan kaki dan selanjutnya tak lama kemudian anda akan melihat papan nama menuju Istana Ratu Boko.
  • Alternatif lainnya adalah wisatawan dapat membeli tiket terusan yaitu (Candi Prambanan – Istana Ratu Boko ). Selanjutnya anda akan diantarkan oleh mobil yang khusus disediakan untuk diantar ke obyek wisata Istana Candi Ratu Boko

Harga Tiket
Harga tiket ( per Maret 2014 ) untuk Hari Biasa / Libur Nasional / Sabtu dan Mingggu :
  • Umum ( umur 6 tahun keatas per orang ) Rp. 25.000,-
  • Anak-anak ( dibawah umur 6 tahun dan rombogan pelajar/mahasiswa ) Rp. 10.000,-
Sedangkan untuk yang sepaket dengan candi prambanan adalah Rp. 45.000,-

Tiket paket Prambanan-ratu boko

Fasilitas
Fasilitas yang tersedia di kawasan Candi Istana Ratu Boko adalah
  • Tersediannya mobil untuk antar jemput dengan rute Candi Prambanan – Candi Istana Ratu Boko dan sebaliknya.
  • Fasilitas tempat penginapan, tempat parkir, mck dan rumah makan.
  • Tersediannya bumi perkemahan untuk anak sekolah
(15-3-2014)



1 Response to "CANDI RATU BOKO, YOGYAKARTA"

  1. Unknown says:
    9 Juli 2018 pukul 21.05

    tiket hri bisa dengan hri libur bedah yah gann??

    thanks

Posting Komentar