Soal-Soal SMA Kelas 3


Gelombang

  1. Seorang Nelayan merasakan perahunya dihempas gelombang sehingga perahu bergerak naik-turun. waktu yang diperlukan untuk bergerak dari puncak ke lembah adalah 3 s. Nelayan juga mengamati bahwa jarak antarpuncak gelombang adalah 12 meter. Waktu yang diperlukan oleh gelombang untuk mencapai pantai yang jauhnya 100 m adalah ...... 
  2. Sebuah slinki menghasilkan gelombang longitudinal dengan jarak antara pusat rapatan dan pusat renggangan yang berdekatan 20 cm. jika frekuensi gelombang 60 Hz, tentukan cepat rambat gelombang longitudinal ini! 
  3. Sebuah gelombang berjalan memenuhi persamaan y=0,20 sin 0,40π(60t-x) dengan x dan y dalam cm, dan t dalam sekon. Tentukan (a) arah perambatan gelombang, (b) amplitudo gelombang, (c) frekuensi gelombang, (d) panjang gelombang, dan (e) cepat rambat gelombang.
  4. Salah satu ujung seutas kawat digetarkan harmonik oleh tangkai sehingga getaran tersebut merambat ke kanan sepanjang kawat dengan cepat rambat 10m/s. Ujung kawat mula-mula digetarkan ke atas dengan frekuensi 5 Hz dan amplitudo 0,01 m. Tentukan (a) Persamaan umum gelombang (b) simpangan, kecepatan, dan percepatan partikel di titik x = 0,25 m pada saat ujung kawat telah bergetar 0,1 sekon, (c) sudut fase dan fase gelombang di titik x=0,25 m pada saat ujung kawat telah bergetar 0,1 sekon, (d) beda fase antara titik x=0,50 m dan x =0,75 m.
Selamat mengerjakan!! 

0 Response to "Soal-Soal SMA Kelas 3 "

Posting Komentar