APLIKASI KUANTUM DALAM KOMPUTER



Teknologi yang ada saat ini masih terus mengalami perkembangan.  Faktanya, setiap waktu teknologi semakin canggih, komunikasi semakin mudah, Teknologi Informasi semakin lengkap, dan akses data yang semakin cepat. Tak heran jika setiap orang akan selalu mengikuti perkembangan teknologi dan memilih untuk mencari yang paling efektif dan efisien. Komputer sudah bukan hal yang tabu lagi bagi setiap manusia. Aktifitas yang ada tidak lepas dari computer. Olah data, akses data, sampai dengan pemrograman semua menggunakan teknologi computer. Hanya saja, manusia akan lebih memilih computer yang memiliki kecepatan paling tinggi. Jika kita lihat, computer-komputer yang ada saat ini sudah mencapai kemampuan yang sangat mengagumkan. Tetapi kedahsyatan computer tercanggih yang ada saat ini pun masih belum bisa memuaskan keinginan manusia yang bermimpi untuk membuat supercomputer yang benar-benar memiliki kecepatan super. 

Teknologi Supercepat 
Mimpi itu tak lama lagi akan menjadi sebuah kenyataan. Bagaimana caranya? Ilmuan Fisika (Paul Benioff) telah mengaplikasikan teori fisika kuantum di dunia computer tahun 1981.  Kemudian sekelompok fisikawan di National Institute of Standards and Technology (NIST) di Colorado, USA, telah berhasil merancang suatu alat yang dipercaya akan membawa manfaat praktis untuk membangun komputer kuantum yang keberadaannya telah lama dinantikan.

Menurut Dr. Ngurah Made Darma Putra, M.Si (Dosen Mata Kuliah Fisika Kuantum UNNES) menjelaskan bahwa Suatu partikel bisa berada dalam dua keadaan sekaligus dan inilah yang disebut dengan keadaan superposisi. 

Berpijak dari prinsip superposisi, para ilmuan mencoba mengaplikasikan pada teknologi computer. Dalam computer quantum, selain 0 dan 1, dikenal pula superposisi dari keduanya. Ini berarti keadaannya bisa berupa 0 dan 1, bukan hanya 0 atau 1 seperti di computer digital biasa. Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi QUBITS (Quantum Bits). Karena kemampuannya untuk berada di bermacam keadaan (multiple states), computer kuantum memiliki potensi untuk melaksanakan berbagai perhitungan secara simultan sehingga jauh lebih cepat daripada computer digital.

Dalam computer kuantum, keadaan superposisi terjadi pada saat proses perhitungan sedang berlangsung. System perhitungan pada computer kuantum ini berbeda dengan computer digital. Computer digital melakukan perhitungan secara linier, sedangkan computer kuantum melakukan semua perhitungan secara bersamaan (karena ada multiple states  semua perhitungan dapat berlangsung secara simultan di semua state). Ini berarti ada banyak kemungkinan hasil perhitungan. Dengan system pararelisme perhitungan ini, kita bisa membayangkan betapa cepatnya computer kuantum.

Para ilmuwan mengatakan computer digital yang paling canggih saat ini (setara dengan computer kuantum 40 qubit) memiliki kemampuan untuk mengolah semua data dalam buku telepon di seluruh dunia dalam waktu satu bulan, jika menggunakan computer kuantum proses ini hanya memerlukan waktu 27 menit.

Menurut penelitian yang ada, Teknologi computer yang ada saat ini telah mencapai 7 qubit, namun beberapa tahun mendatang, teknologi ini akan mencapai 100 qubit. “Bayangkan saja, ketika computer kuantum telah terwujud, manusia yang seharusnya membutuhkan berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan berabad-abad untuk melakukan perhitungan, kini dengan computer kuantum hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja”. Ujar Herlambang Saputra, Salah satu Peneliti dari Politeknik Negeri Sriwijaya.

Ilmuan fisika mengatakan bahwa pada masa mendatang kita akan menggunakan computer yang tidak lagi tersusun dari transistor-transistor mini seperti sekarang. Komputer kuantum tidak lagi memerlukan chip computer yang semakin lama semakin padat karena semakin berlipatgandanya jumlah transistor yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja computer.

Teknologi baru ini membuka pintu pada banyak kemungkinan yang baru, suatu teknologi baru, lebih efektif, lebih efisien, dan lebih pada hal yang seolah mustahil ada, namun hanya memerlukan waktu lebih lama untuk suatu proses penelitian lebih lanjut.

By : Mamila Ziyyit Tuqo (Mahasiswa Fisika Universitas Negeri semarang) dimuat di Suara Merdeka 23 Juli 2012 rubrik Teknologi

0 Response to "APLIKASI KUANTUM DALAM KOMPUTER "

Posting Komentar